Cara Efektif Sembuhkan Sakit Kepala Pada Siang Hari

Womenhealthandbeauty – Memiliki sakit kepala di siang hari memang sangat mengganggu. Terutama jika pekerjaan di kantor bertambah dan tenggang waktu dikejar, perasaan gelisah di kepala tentu saja membuat Anda bingung. Namun, jangan terburu-buru panik dan emosi dulu. Bahkan jika sakit kepala ini tidak hilang dengan sendirinya, mengapa tidak mencoba mengobati sakit kepala lebih cepat di siang hari? Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda stres karena pekerjaan Anda, kurang konsumsi air putih, atau bahkan terlambat makan? Jika demikian, ini bisa menjadi penyebab sakit kepala yang Anda rasakan di siang hari.

Pada dasarnya, sakit kepala jenis ini tidak berbahaya dan gejalanya mereda di malam hari. Tetapi jika pekerjaan menumpuk, itu tidak berarti Anda membiarkannya pergi, bukan? Banyak  orang yang mengeluhkan rasa sakit kepala yang berlebih di waktu siang hari. Namun mereka tidak mendapatkan solusi paling cepat untuk menyembuhkannya. Bahkan ada beberapa orang yang meminta izin pada atasan untuk datang kedokter atau pergi ke apotik membeli obat. Jika anda tahu cara yang tepat ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebelum pergi membeli obat atau datang ke dokter. Cara ini sangat sederhana dan bisa anda lakukan sendiri. Nah, ada banyak cara untuk mengatasi sakit kepala di siang hari. Simak ulsan lengkap yang telah kami rangkum di bawah ini :

Cara paling efektif sembuhkan sakit kepala pada waktu siang hari

1. Minumlah banyak air

Apakah Anda punya cukup air hari ini? Kalau tidak, segera minum banyak air untuk menghilangkan sakit kepala di siang hari. Selain cepat haus, dehidrasi juga bisa mengencangkan pembuluh darah di otak. Akibatnya, aliran darah yang mengandung oksigen menjadi sulit untuk mencapai otak dan menyebabkan tekanan berlebihan pada kepala. Inilah sebabnya mengapa Anda mudah sakit kepala saat mengalami dehidrasi. Efek serupa juga dapat terjadi jika Anda minum terlalu banyak kopi. Karena itu batasi konsumsi kopi dan gantilah dengan air minum untuk meredakan sakit kepala. Cara ini cukup efektif dan memberikan efek yang lebih baik. Pastikan anda minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk menghindari sakit kepala di siang hari.

2. Rilekskan tubuh Anda

Sakit kepala karena otot menjadi tegang adalah salah satu penyebab paling umum sakit kepala pada siang hari. Anda memiliki kesan bahwa kepala Anda diikat dengan tali dan biasanya leher Anda tidak nyaman. Jika Anda mengalami sakit kepala jenis ini, cobalah rilekskan tubuh Anda sejenak. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan perlahan-lahan hembuskan melalui mulut Anda. Latihan pernapasan dapat membantu mengendurkan otot-otot kepala dan meredakan sakit kepala. Anda juga dapat melakukan teknik relaksasi lainnya seperti yoga, meditasi, atau meregangkan otot sejenak. Hal terpenting adalah anda dapat lepaskan beban pikiran yang mengganggu dan hindari stres. Stres karena pekerjaan kantor adalah pemicu utama sakit kepala. Jika anda bisa membuat tubuh rileks dan nyaman kami pastikan sakit kepala yang anda alami akan sedkit berkurang dengan sendirinya.

3. Berikan kompres hangat atau dingin

Jika sakit kepala di siang hari tampaknya lebih mengganggu, coba kompres kepala Anda dengan bantalan panas. Suhu panas berguna untuk merelaksasikan otot kepala yang kaku. Padahal, sensasi panas bisa menyebar ke leher dan bahu untuk meredakan rasa sakit rematik di tubuh bagian atas. Efek serupa juga dapat dicapai dengan memasang kompres dingin di kepala atau leher selama 15 menit. Perasaan dingin dapat membuat tubuh rileks dan membuat Anda berpikir lebih jernih.

4. Duduk dengan posisi tegak

Coba perhatikan posisi duduk Anda sekarang, apakah ia lurus atau apakah ia cenderung membungkuk? Hati-hati, posisi duduk yang buruk juga bisa menyebabkan sakit kepala di siang hari. Posisi duduk terlipat dapat menyebabkan kekakuan pada otot leher Anda. Selain menyebabkan sakit leher, posisi duduk ini juga akan menarik saraf kepala dan menyebabkan rasa sakit. Mulai sekarang, mari selesaikan posisi duduk Anda. Duduklah dengan baik dan pastikan pandangan tetap tegak. Semakin baik posisi duduk Anda, semakin rendah risiko leher, punggung, dan sakit kepala di siang hari.

5. Minum obat

Sudahkah Anda mencoba duduk tegak, mengatur pernapasan, sampai kompres dengan air hangat tetapi sakit kepala tidak mereda? Dalam hal ini, selalu berguna untuk segera menggunakan obat penghilang rasa sakit untuk meringankan sakit di kepala yang paling instan. Obat seperti Aspirin, ibuprofen, dan naproxen adalah beberapa jenis obat penghilang rasa sakit yang dapat Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan obat jenis ini di apotek atau dengan resep dokter. Tetapi jika sakit kepala pada siang hari tidak berkurang dan terus memburuk, segera konsultasikan dengan dokter terdekat.