7 Penyebab Utama Munculnya Kantong Mata

7 Penyebab Utama Munculnya Kantong Mata

Womenhealthandbeauty – Mata adalah jendela diri di mana seseorang dapat memahami seseorang melalui mata seseorang. Jika kita memiliki kantong mata, itu akan menghalangi pandangan dan harus segera diobati dengan cara yang berbeda. Berikut adalah berbagai penjelasan tentang kantong mata sehingga kita bisa mengerti apa yang harus dilakukan untuk dengan mudah hilangkan kantong mata. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh departemen dermatologi dari universitas terkenal di Brasil, tampaknya ada berbagai alasan mengapa kantong mata atau panda ini dapat berasal dari proses alami seperti penuaan atau faktor genetik yang jelas yang hanya dapat dihindari oleh kebiasaan buruk seperti gaya kehidupan negatif.

Kantong di bawah mata juga sering disebut sebagai marsupial di Inggris Puffy Eyes. Kantong mata berupa lingkaran hitam di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam disebabkan oleh terjadinya pembengkakan mata karena beberapa faktor. Salah satunya adalah bahwa lapisan-lapisan pada area mata sangat tipis, berbeda dari struktur dan bahwa lapisan-lapisan area kulit wajah lainnya lebih kompleks. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengembang area mata.

Penyebab utama munculnya kantong mata

Kurang tidur adalah salah satu penyebab paling umum mata jadi bengkak yang dapat muncul di area sekitar mata. Memang, kebanyakan orang yang suka tidur larut tiba-tiba memiliki kantong mata. Namun demikian, tampaknya bukan hanya penyebab kurang tidur, tetapi ada banyak lainnya. Mengetahui penyebabnya tentu saja, kita dapat memilih cara yang tepat untuk mengobatinya sehingga kantong di bawah mata dapat dikurangi atau dihilangkan. Beberapa penyebab munculnya mata panda adalah:

  1. Bersihkan riasan dengan cara yang kasar

Menggunakan riasan di mata dapat membantu kita memiliki mata yang menarik. Tetapi, menggunakan eyeliner dan maskara tahan air, terkadang sulit bagi kita untuk menghilangkannya. Bahkan, ada banyak pembersih yang tidak bisa dengan benar menghilangkan sisa kosmetik. Karena itu harus diganti dengan minyak pembersih. Minyak pembersih membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan make-up dari mata yang tidak tembus cahaya, sehingga menghindari menekannya terlalu keras. Gunakan minyak pembersih ini sambil memijat area mata dengan lembut dan hindari penekanan yang berlebihan untuk menghindari lingkaran hitam. Banyak jenis minyak pembersih dapat dipilih, tetapi akan lebih baik untuk memilih minyak pembersih lembut yang tidak mengiritasi mata dan menghindari iritasi.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup adalah faktor penting bagi kita untuk memiliki tubuh yang sehat dengan penampilan yang menarik. Karena itu, gaya hidup yang buruk juga berkontribusi pada penampilan kantong mata. Kebiasaan minum alkohol dan merokok dapat membuat pembuluh darah di bawah mata lebih hitam. Apalagi jika tidak seimbang dengan mengonsumsi banyak air, sayuran dan buah-buahan.

  1. Terlalu sering menyentuh area mata

Kebiasaan ini sering bisa terjadi pada wanita dan pria. Tetapi siapa sangka jika dia menggosok matanya dan membuat kantong muncul di bawah mata. Kebanyakan orang menggosok mata mereka karena mereka merasa bahwa setelah digosok, mata menjadi lebih rileks, sehingga kelelahan dan kantuk juga tampak menghilang sejenak. Tetapi jika Anda sering menggosok mata, Anda berisiko merusak pembuluh kapiler kecil di area mata dan menyebabkan lingkaran hitam. Ini terjadi karena tekanan yang diberikan oleh jari, yang merangsang produksi melanin dan dapat mengubah warna pigmen kulit.

  1. Salah dalam posisi tidur

Posisi tidur yang buruk justru dapat menyebabkan lingkaran hitam di mata. Tidak perlu begadang untuk membuat lingkaran. Jika Anda cukup tidur, Anda juga bisa memiliki kantong mata jika posisi kepala rata dengan tubuh saat tidur. Karena itu, tempatkan kepala Anda lebih tinggi dari kaki Anda sehingga cairan tubuh Anda mengalir dengan lancar sehingga tidak menumpuk di kantong bawah mata.

  1. Anemia dan stres

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Apalagi jika Anda sering merasa stres, lingkaran hitam akan semakin gelap.

  1. Malas menggunakan tabir surya dan tidak melindungi area di bawah mata

Banyak orang mengabaikan kesehatan di sekitar mata mereka. Padahal penggunaan tabir surya sangat penting untuk kesehatan kulit. Jika kulit terlindungi dari radiasi UV, maka bisa mengurangi efek negatif yang bisa menggelapkan area di bawah mata. Untuk ini, pilih tabir surya yang bisa digunakan di area bawah mata. Tapi hati-hati saat ingin menggunakannya, jangan terlalu dekat dengan mata karena ini bisa menyebabkan iritasi.

  1. Alergi

Beberapa alergi dapat meningkatkan aliran darah di sekitar sinus. Secara umum, alergi kulit jenis ini disertai dengan gejala gatal di area mata, sehingga mereka akan menggosok atau menggaruk mata mereka. Meskipun metode ini menyebabkan mata menghitam, walaupun itu berwarna hitam di mata sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri karena iritasi gosok dan lecet. Karena itu, hindari menggaruk dan menggosok daerah mata jika gatal cukup sentuh perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *